Khecap Airbrush

Khecap Airbrush

Senin, 29 Juni 2015

konsep dasar perancangan buku tutorial

Airbrush dikenal karena tekniknya yang unik dengan tekanan udara atau semprotan. Para penikmat airbrush umumnya adalah masyarakat yang menyukai artistik dalam sebuah karya. Airbrush di Indonesia sudah sangat digemari dan sudah menjadi alat menggambar. Mulai dari kertas, rolling door, kain, motor, mobil, helm, dinding, hingga tubuh manusia dapat dirambah melalui teknik airbrush (Body Painting). Pada prinsipnya airbrush ini sama dengan melukis. Teknik dalam pengerjaannya yang membedakan. Semua bertujuan untuk mendapatkan hasil karya seni yang indah. Untuk itu, airbrush bisa menjadi sebuah teknik melukis yang dapat dinikmati golongan masyarakat manapun.
Terbentuknya airbrush sendiri karena perkembangan seni grafis modern di Indonesia. Teknik airbrush mampu menjadikan sebuah peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan, antara sesama pelaku airbrush yang memberikan pengalamannya dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia melalui industri kreatif.
Faktor tersebut dapat diwujudkan melalui adanya komunitas pencinta airbrush di Indonesia, terutama kota besar yang memiliki beragam ras, suku dan adat masyarakat yang berbeda menyatu pada Komunitas Airbrush Indonesia. Dengan demikian konsep dasar perancangan buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha menggunakan ilustrasi foto. Foto tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk memahami isi buku yang peneliti rancang dan menggunakan elemen desain berupa bentuk bendera Amerika Serikat agar mempunyai nilai khusus karena asal mula ditemukan airbrush


Selain itu untuk segmentasi, targeting dan positioning disesuaikan dengan tepat berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan. Dari uraian tersebut, maka konsep dasar perancangan buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha dalam bidang industri kreatif memiliki segmentasi, targeting dan positioning masyarakat yang dituju sebagai sasaran distribusi dan penjualan buku yang peneliti rancang sebagai berikut:
1.   Segmentasi
a.    Segmentasi Geografis
         Segmentasi perancangan buku tutorial airbrush adalah daerah Jabodetabek. Daerah tersebut merupakan kota besar yang ikut berperan dalam perkembangan suatu peluang usaha dalam bidang industri kreatif melalui teknik airbrush di Indonesia.
         Kota tersebut juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat dibandingkan kota-kota lain di Indonesia terutama di bidang bisnis dan industri kreatif. Media untuk airbrush pun sangat beragam tidak hanya otomotif saja melainkan kertas, kanvas, kain, rolling door, dinding, hingga tubuh manusia pun dapat di rambah dengan teknik airbush.
b.   Segmentasi Demografis
         Penelitai melakukan segmentasi dalam perancangan buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha dalam bidang industri kreatif ini kepada para pelajar sekolah menengah kejuruan SMK industri kreatif, dan mahasiswa kejuruan seni rupa yang ingin mempelajari teknik lukis modern airbrush, sampai dengan masyarakat yang dengan kebiasaan menggambar untuk menjadikan peluang usaha dalam bidang industri kreatif. Berkisaran dengan usia 18-25 tahun yang ingin belajar dan ingin membuka peluang usaha melalui industri kreatif seni airbrush.
c.    Segmentasi Psikografis
         Peneliti melakukan pengamatan dalam perancangan buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha dalam bidang industri kreatif untuk segmentasi pisikografis adalah masyarakat yang ingin menambah wawasan mengenai teknik seni lukis modern pada umumnya, kemudian dikhususkan kepada masyarakat yang menyukai dan ingin belajar melalui teori buku mengenai teknik airbrush. Jadi, segmen buku tutorial airbrush adalah masyarakat yang gemar melukis dengan teknik airbrush dan berani mengeksplorasikanya.
2.   Targeting
Targeting buku tutorial airbrush adalah masyarakat Indonesia yang dikhususkan pada daerah Jabodetabek, yang ingin mencoba merambah dalam bidang usaha airbrush. Untuk target audiens adalah masyarakat yang ingin menambah wawasan mengenai seni rupa modern pada umumnya dan dikhususkan kepada masyarakat yang menyukai dan ingin belajar melalui teori buku mengenai teknik airbrush. Kemudian target market yang ingin dituju kepada masyarakat golongan sosial menengah karena airbrush banyak digemari pecinta artistik yang ingin merambah pada peluang usaha dalam bidang industri kreatif.
3.   Positioning
Penelitian ini melakukan  positioning statement dalam perancangan buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha dalam bidang industri kreatif di Indonesia, merupakan sebuah posisi yang paling utama tentang kesenian airbrush.
 Hal tersebut dapat dilihat dari kelebihan objek yang peneliti lakukan, perancangan buku tutorial airbrush untuk pengetahuan dan pembelajaran dalam membuat usaha dalam bidang industri kreatif. Diharapkan perancangan buku tutorial airbrush agar teknik airbrush dapat dikenal masyarakat luas sebagai pembelajaran berwirausaha yang akan menciptakan peluang usaha dalam bidang industri kreatif.
Berdasarkan pernyataan tersebut buku ini meliputi beberapa konsep dasar perancangan sebagai berikut:
a.       Gaya Visual
Dari penelitian diatas menimbulkan ide untuk merancang buku yang membahas khusus tentang teknik airbrush, sehingga mempermudah masyarakat pecinta seni airbrush dalam Komunitas Airbruh Indonesia yang pada umumnya dan dikhususkan kepada para siswa sekolah menengah kejuruan keatas dan mahasiswa dalam bidang seni rupa untuk mendapatkan pembelajaran tentang teknik airbrush dan menjadikan pedoman untuk berwirausaha dalam bidang industri kreatif. Semoga kecenderungan itu dapat dikikis dengan akan dirancangnya buku tutorial airbrush sebagai peluang usaha dalam bidang industi kreatif di Indonesia.
Kemudian visual style yang digunakan pada perancangan ini dengan menggunakan ilustrasi berupa foto tutorial airbrush. Ilustrasi foto tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk memahami isi buku yang peneliti rancang dan menggunakan elemen desain berupa bentuk bendera Amerika Serikat agar mempunyai nilai khusus karena asal mula ditemukan alat airbrush tersebut.
Kemudian buku ini membahas tentang cara penggunaan alat airbrush menjadikan salah satu teknik melukis modern, selain itu memiliki bentuk hasil karya dari kesenian airbrush di dalam sebuah Cover buku pada perancangan ini.
Selain itu gaya visual buku tutorial airbrush berupa pemberitahuan informasi tertulis dengan ilustrasi foto secara berurutan dengan teknik pengerjaan airbrush. Foto pada buku tutorial airbrush ini adalah foto yang bisa mencerminkan isi perancangan buku.
Gaya visual buku tutorial airbrush adalah foto perangkat tutorial dengan latar belakang menggambar dengan menggunakan alat airbrush. Pemilihan latar belakang dengan cara penggambaran airbrush karena sebagian masyarakat di Jabodetabek sudah banyak mengenal airbrush akan tetapi kurang mengetahui alat yang digunakan, teknik dan trik cara pengerjaan menggambar alat airbrush.
Peneliti berharap, media buku yang akan peneliti rancang dapat menjadi pembelajaran dan alternatif solusi bagi pelajar sekolah menengah kejuruan dalam bidang industri kreatif atau mahasiswa seni rupa yang sedang mempelajari teknik seni grafis airbrush agar dapat menjadikan suatu peluang usaha dalam bidang industri kreatif.
Berikut di bawah ini foto asli yang akan dijadikan gaya visual sampul buku tutorial airbrush dengan melalui proses edit dengan aplikasi desain Adobe Photoshop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar